Loading...

[Kabar Filsafat] PhilofestID: Festival Filsafat Skala Nasional

LSFSOPHIA.ORG - Di tengah pandemi seperti sekarang banyak aspek kehidupan kita berubah secara fundamental, mulai dari aspek gaya hidup, kebiasaan, etika, ekonomi, hingga aspek sosial dan politik. Hal ini berubah begitu saja tanpa kita sadari. Singkat kata, situasi dan kondisi memaksa kita untuk mengubah ritme kehidupan kita.

Lalu bagaimana dengan filsafat? Sebagaimana ilmu-ilmu lain, filsafat mungkin sudah menjadi ilmu yang merakyat dan kini mudah untuk ditemui, karena beberapa hal: Pertama, banyak komunitas atau pegiat filsafat yang terus mempromosikan filsafat secara intensif; Kedua, mengingat penggunaan media daring secara masih terus berkembang dan sudah menjadi kebiasaan baru di masyarakat, akses belajar pun menjadi mudah. Termasuk akses dalam mempelajari filsafat. Kini kita dapat menemukan dengan mudah materi-materi filsafat dari mana saja melalui gawai.

Oleh karena itu, ada kabar gembira bagi teman-teman pemerhati atau pecinta filsafat se-Indonesia; komunitas ataupun organisasi dengan diadakannya PhilofestID.


Apa itu PhilofestID?

PhilofestID merupakan festival filsafat berskala nasional yang diselenggarakan oleh Masyarakat Filsafat Indonesia (dalam hal ini para tokoh-tokoh filsuf, komunitas, jurusan, penulis, hingga penerbit yang turut aktif dalam dunia kefilsafatan). Selain itu, kegiatan ini juga terbuka untuk umum. Jadi tidak muluk hanya untuk teman-teman komunitas atau organisasi filsafat saja, namun juga untuk teman-teman yang memiliki minat pada kajian filsafat, terlepas dari jurusannya.

Melalui kegiatan atau acara ini, PhilofestID mengajak kepada seluruh pegiat filsafat untuk menulis artikel dan materi presentasi (call for paper) dengan tema "Dunia Setelah Pandemi: Filsafat Dari Masa Depan". Topik yang akan dibahas berkenaan dengan tema tersebut akan dibagi menjadi dua perspektif besar: Pertama, analisis filosofis tentang dunia setelah pandemi; Kedua, rekomendasi praktis tentang bagaimana ekosistem filsafat di Indonesia harus dibangun dalam dunia setelah pandemi.

  

Untuk info lengkapnya, berikut kami lampirkan beberapa syarat dan ketentuan karya tulis yang akan diajukan:

1. Penulisan dapat dilakukan secara individual atau kelompok (maksimal empat orang) untuk setiap artikel dan materi presentasi.
2. Setiap individu atau kelompok mengirimkan satu artikel dan satu materi presentasi dalam bentuk slide. Materi presentasi harus merupakan materi ringkas dari artikel yang sudah dibuat dan bukan pembahasan yang berlainan.
3. Format penulisan artikel tidak dibatasi secara ketat, namun disarankan antara 400-1000 kata, dengan jenis huruf, ukuran huruf, dan spasi yang sewajarnya. Materi presentasi dalam bentuk slide dibuat kira-kira untuk durasi presentasi maksimum 15 menit.
4. Artikel dan materi presentasi dinilai berdasarkan inti gagasan, argumentasi, dan kemampuan eksplanasi.
5. Artikel memiliki acuan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan dan dituliskan baik dalam bentuk catatan perut, catatan kaki, maupun daftar pustaka.
6. Pada setiap artikel dan materi presentasi dicantumkan nama lengkap, komunitas/institusi yang diwakili, beserta alamat email dari penulis.
7. Tipe ekstensi dari artikel harus berupa docx atau rtf, sedangkan tipe ekstensi dari materi presentasi harus berupa pptx.
8. Artikel dan materi presentasi dikirim melalui email ke alamat [email protected] dengan subjek (Nama)_Artikel untuk PhilofestID paling lambat hari Sabtu, 7 November 2020.
9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia lewat email ke alamat [email protected] atau dm ke akun instagram @philofestid.

Lebih baru Lebih lama