Loading...
Open Recruitment

Cara Kirim Tulisan

Cara Kirim Tulisan
Sophia Institute membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin mengirimkan tulisannya untuk berkontribusi dalam website kami sophiainstitute.id

Kami menerima segala jenis tulisan yang membahas apa saja dan dari sudut pandang mana saja. Namun begitu, kami tetap memiliki beberapa kategori dan kualifikasi tertentu dalam pemublikasian sebuah naskah.

Topik yang dibahas tidak muluk yang berkenaan dengan diskursus filsafat. Kontributor juga boleh membahas mengenai isu-isu aktual terkini baik berupa kritikan ataupun ulasan—buku/film. Namun dengan syarat musti kritis, jelas, membangun, tidak plagiasi, dan tidak mengandung unsur-unsur SARA.

Selain itu, agar dapat menyentuh tema-tema yang lebih reflektif, kami juga menerima naskah translasi (terjemahan) dan tulisan-tulisan fiksi, baik berupa cerpen maupun prosa/puisi.

Agar lebih jelasnya, kami kira ada beberapa hal yang musti diperhatikan dengan seksama sebelum melakukan pengiriman naskah, sebagai berikut;

  1. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media lain.
  2. Tulisan adalah hasil karya sendiri, bukan saduran atau ciplakan karya orang lain.
  3. Setiap kutipan baik langsung ataupun tidak langsung, harus mencantumkan sumber yang jelas.
  4. Opini/esai/translasi ditulis minimal 600 kata dan maksimal 2000 kata.
  5. Untuk cerpen minimal 800-3000 kata.
  6. Sementara untuk puisi, musti ditulis lima judul per pengiriman.
  7. Tulisan dikirim dalam bentuk .docx, bukan .pdf atau .rtf.
  8. Kami masih miskin, jadi kami tidak memberikan honorarium bagi para kontributor. 
  9. Naskah tulisan dapat dikirimkan di sini atau dengan melalui email [email protected] dengan subjek sesuai segmen atau kategori yang diusung contoh: Cerpen.
  10. Sertakan pula data identitas, berupa nama, foto, alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat sosial media, dan atribusi penulis.
  11. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya atas isi tulisan.
  12. Redaksi berhak mengedit/menyunting naskah, baik judul maupun isi—selama tidak mengubah pesan utama dari tulisan yang bersangkutan sebelum dipublikasikan. Selain itu, redaksi juga berhak menolak/tidak menerbitkan naskah yang sudah dikirimkan.
  13. Apabila dalam waktu dua minggu setelah naskah dikirim tidak mendapatkan balasan atau informasi apapun dari pihak redaksi, maka itu berarti naskah Anda tidak dapat dipublikasikan karena suatu alasan.